Sabtu, 10 Januari 2009

ANALISA BUDIDAYA AYAM KAMPOENG

Untuk mengetahui berapa besar modal yang harus diinvestasi dalam usaha pemeliharaan ayam kampung dan berapa jumlah keuntungan yang diperoleh, maka dibawah ini penulis mencoba membuat perhitungan berdasarkan catatan harian pengeluaran seorang peternak. Ukuran kandang panjang 8 meter lebar 2,5 meter dan tinggi 3 meter. Ukuran pagar keliling, panjang 18 meter, lebar 10 meter dan tinggi 2,7 meter.

Kandang tersebut digunakan untuk memelihara 155 ekor ayam muda yang terdiri dari 150 ekor ayam betina dan 5 ekor jantan dengan umur rata-rata 4 bulan. Ayam-ayam tersebut dibeli dengan Rp 9.000,00/ekor. Porsi pakan 100 gr /ekor/hari, pada bulan ke dua dan ke tiga porsi pakan di naikkan masing-masing sebesar 20%dan 25%.

Di bulan ke empat dari masa pemeliharaan ayam–ayam tersebut telah mulai bertelur, dengan jumlah rata-rata 14 butir per periodenya. Untuk meningkatkan jumlah produksi telor, sengaja peternak menerapkan metode siklus reproduksi, yaitu dengan jalan :

1. memisahkan induk dari telurnya dengan hanya satu butir telor pada sarangannya .

2. pada induk–induk yang mulai memperlihatkan tanda-tanda mengeram secepatnya di mandikan

Dari kedua perlakuan diatas maka ditahun satu masa produksinya dapat diatur sebanyak lima kali .

Pada bulan ke 7 dari keseluruhan produksi telor 10% dieramkan sedangkan sisanya dijual. Untuk tugas pengeraman sengaja digunakan untuk ayam sebanyak 20 ekor, sehingga pada bulan ke delapan terjadi penurunan produksi telur .

Setelah menetas induk dan DOC dipisah, kemudian induk dimandikan. Pada bulan ke sembilan produksi telur mulai meningkat. Dalam produksi ayam kampung ini yang perlu di ketahui adalah :

- Fertilitas =96%

-Daya tetas =90 %

-Kematian = 3%

-Umur Penetasan 21 hari

-Pemberian faksin dilakukan sebanyak 4 kali selama pemeliharaan.

DOC setelah dipisah dari induknya ditempatkan dalam kotak dos beralaskan sekam padi yang di campur sedikit kapur, tanpa diberi bantuan induk buatan (Listrik lampu minyak) sedang sebagai sumber penghangat DOC akan memperoleh dari panas tubunya sendiri. Pada pemeliharaan ditahun kedua siklus reproduksi pertahunya diatur sebanyak 11 kali, dengan demikian diharapkan pada peningkatan dalam jumlah produksi (telur) selain itu pada pemeliharaan ini ada tambahan populasi ayam sebanyak 175 ekor betina dan 8 ekor pejantan. Untuk menghindarkan terjadinya “kanibalisme” oleh ayam yang lebih kuat, maka dibuat kandang baru. Dibulan kelima ayam-ayam tersebut sudah mulai bertelur, dengan demikian ada kenaikan dalam jumlah produksi telur. Dari jumlah produk perharinya, resiko pecah atau retak diperhitungkan sebanyak 6 butir atau 180 per bulan (angka rata-rata), dan ini oleh peternak dimanfaatkan untuk lauk. Sehingga total keseluruhan yang dikomsumsi adalah 17x180 butir=30.60 butir, sedang yang dijual sebanyak 49.300 butir dengan harga 850.

A. Pemberian Pakan

1.Untuk ayam muda –dewasa, 100 gr /ekor/hari

Jumlah pakan per hari untuk 155 ekor =(100x 155) kg: 1000 = 15,5 kg.

Jumlah pakan bulan I = 30x15,5 kg = 465 kg

Jumlah pakan bulan II= (0,2x465 kg)+465 kg = 558 kg

Jumlah pakan bulan III= (0,25x558kg)+558kg = 697,5 kg

Jumlan pakan bulan IV – umur 2 tahun = 17x697,5 kg =11.857,5 kg

Total pemberian pakan =13,578 kg

2. Untuk DOC 60 gr/ekor/hari, sampai umur 3 bulan

Jumlah pakan untuk 189 DOC (189 x 60)kg :1000 = 11,34 kg

Jumlah pakan bulan I 30 x 11,34kg = 340,20 kg

Jumlah pakan bulan II(mortalitas 3%)(0,15x60)+60x183 x30x1kg = 378,81 kg

1000

jumlah pakan bulan III (0,15x378,81kg)+378,81kg = 435,63 kg

Total pemberian pakan = 1.154,64 kg

3. Untuk ayam muda –dewasa, 100gr/ekor/hari

Jumlah pakan per hari untuk 183 ekor (100x183)kg: 1000 = 18,3 kg

Jumlah pakan bulan I =30x18,3 = 549 kg

Jumlah pakan bulan II =(0,2x549)kg+549kg = 658,8kg

Jumlah pakan bulan III =(0,25x658,8)kg+658,8kg = 823,5kg

Jumlah pakan bluan IV –bulan keXI = 10x823,5kg = 8.235 kg

Total pemberian pakan = 10.266,3kg

B. Analisa Biaya

1. Input

a. Biaya Infestasi

-Pembuatan kandang tahun 1 = Rp.35.000,00

-Pembuatan kandang dan Box tahun 11 =Rp.40.000,00

-Pembuatan pagar keliling =Rp.125.000,00

Total biaya investasi =Rp.200.000,00 (1)

b. Biaya Operasi

-Pembelian 155 ekor ayam=155xRp900,00 =Rp.139.500,00

-Pembelian untuk 155 ekor ayam=13.578xRp120,00 =Rp.1.29.360,00

-Pembelian pakan untuk 189 DOC sampai umur 3 bulan =1.154,64xRp.120,00 = Rp.138.556,80

-Pembelian pakan untuk 183 ekor ayam=Rp.10.266,3x120,00

=Rp.1.231.956,00 +

Total pembelian pakan =Rp.2.999.872,80

-Biaya vaksin dan obat cacing untuk ayam muda dan dewasa =Rp.3.000 ,00

-Biaya vaksin dan obat cacing/DOC =Rp.1.000 ,00

Total biaya operasi =Rp.139.500,00 + Rp.2.999.872,80 + Rp 4000,00

=Rp.3.143.372,80

c. Penyusutan dan Perbaikan

-Penyusutan kandang 1 tahun =Rp.2.500,00

-Penyusutan pagar 1 tahun =Rp.3.000.00

-Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 4.000,00

` -Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 5000,00

Total =Rp. 14.50000

2.Output

-Penjualan telur selama pemeliharaan= 49.300xRp850,00=Rp 41 905.000,00

-Penjualan ayam afkir @Rp40.000,00 =Rp 6.200.000,00

- Penjualan dari telur yang dikomsumsi =3060x500=Rp 1.530.000,00

Total Rp 49.635.000,00

C. Keuntungan Yang Diperoleh

Rp 49.635.000,00 – Rp25.034.099.00 = 24.600.001,00

Rp24.600.001,00 : 20bln = Rp 1.230.000,00 /bln

Selamat mencoba PERLU INFO HUB. ADISURYADI DI 03418600911 / 08170481377 OK

57 komentar:

  1. TKANKS YA INFO NYA .. DAN SUKSES UNTUK PETERNAKAN INDONESIA

    BalasHapus
  2. masak harga bibit ayamnya Rp. 900,00? dimana belinya? juga ga ada kandang ayamnya tuh? saya juga butuh gambar kandangnya nih?

    BalasHapus
  3. kalo ternak orang dong kasih perinciannya

    BalasHapus
  4. Aduh bentuk kandangnya gimana ya ??

    BalasHapus
  5. kalo ukurannya d per kecil bisa gak....?

    BalasHapus
  6. mana budidaya jamurnya

    BalasHapus
  7. murah betul jual telurnya, saya jual 1.500

    BalasHapus
  8. infonya lumayan juga. kalo boleh dijelaskan juga bentuk dan bagian2 kandang. sy tertarik dan mau mencoba....

    BalasHapus
  9. ..bagus bnar...mkash bg yng tlah buat ni..dan mhon imprmsi tentang ternak ayam lbh dtil lg...cozny frspeknya bgus...

    BalasHapus
  10. bagi anda yang sudah pernah budidaya ayam Kampoeng dan gagal, jangan kuatir, segera beralih saja ke budidaya Ayam Kampoes. inilah perinciannya:

    )Untuk sewa tempas kos @1.000.000/bulan
    )bisa di huni 10 Ayam Kampoes dengan rata-rata umur 20 -25 tahun
    qiqiqiqiqiqqqqqii......

    BalasHapus
  11. andaikan ada organisasinya yang meliputi,dimana bs dpt bibit(anakan aymnya) pasarnya,dan lain2.tentu akan lbih mudah berjalan.bagi2 kawan2 yg tertarik,sya punya usul.
    kita bentuk organisai.dlam organisasi ni,kt bentuk klompok2.
    1.klompok yang menghasilkan telur
    2.klompok yang menetaskan telur
    3.klompok yang membesarkan ayam.
    dg dibagi sperti diatas,maka masing2 petrnak akan bs merasakan hasil usaha scara lbh cepat.bg yang tertarik dg usul saya,bs hub saya di 081991093694.
    terimakasih dan sukses selalu.

    BalasHapus
  12. mantap mantap manta....
    lanjutkan gan

    BalasHapus
  13. makin tambah yakin dalam memilih usaha ternak ayam thanks buat itung2annya jadi punya gambaran

    BalasHapus
  14. saran nya okey saya akan ikut

    BalasHapus
  15. tertarik nih..
    tolong info tambahannya mengenai :
    1. Lantai kandangnya perlu di cor ataw tidak..
    2. untuk pakannya apa saja..kalo ga salah di campur bubuk tulang?!
    3. bagaimana dengan Mesin penetas
    mohon jawabannya ke email sy ya..
    trima kasih..

    BalasHapus
  16. bibit ayam harga Rp.900,00 itu beli dimana gan...??

    BalasHapus
  17. @natahati: kayaknya Rp.9000 ( sembilan ribu ) bro bukan Rp.900 ( sembilan ratus ).salam kenal dari sidoarjo

    BalasHapus
  18. buat bro bro sekalian yg udah pengalaman budidaya ayam kampoeng, mohon pencerahanya : enaknya beli ayam itu dari netas telur apa yg sudah umur 1 - 2 bulan ya ??? rencanya saya mau besarin kira2 pantas untuk di jual kira2 umur 5 - 6 bulan gitu. thanks sebelumnya

    BalasHapus
  19. buat beli telur satu butir aja 1000, doc ayam potong aja 5000,padahal breeding aja penetasan kalau bagus aja 80% jadi doc,kalau jelek ya 50%lah, waktu penetasannya masih butuh waktu 21hr, apa ndak perlu tenaga sama listrik, coba itungannya dibenahi lagi, masak harga pakan aja urah sekali, pabrik aja ngeluarain harga pakan 2600 per kg belum ambil,coba ya di set ulang, biar pembacanya tambah banyak.ok.tq

    BalasHapus
  20. perhitungan itu di posting 10 Januari 2009
    jadi kl you baca skrg, silahkan di kurs kan saja dg harga skrng, Ok ?

    BalasHapus
  21. haloo.. kalo modalnya 200 jt dan hasilnya cuma 25 juta kapan kembali modalnya. Modal tsb cukup besar bagi kebanyakan org. tolong posting untk home industry. Modal yg bisa di capai org kebanyakan ( kalangan ekonomi bawah ) sehingga bisa jadi penghasilan tambahan. Thx

    BalasHapus
  22. wah bagus banget ni infonya. makasih ya.

    BalasHapus
  23. Mas, Judulnya Ayam Kampung, kok gambarnya burung ?
    But anyway thank's for your info.
    Salam
    Samratualam

    BalasHapus
  24. beli ayamnya kog murah bner om,,
    BELINYA DMN TUH??

    BalasHapus
  25. saya minat akan usaha ayam kampung..
    jika anda berkenan..tolong bimbing saya untuk meraih sukses..

    saya sangat bersemangat dan konsisten..

    lain waktu perkenankan saya untuk menghubungi anda..

    BalasHapus
  26. cara pemasaran dan siap untuk penjualan
    dan ini di darerah mana ya?

    BalasHapus
  27. informasi yg sangat menarik, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sesama...amin

    BalasHapus
  28. kesuksesan budidaya atau peternakan ayam kampung tidak terdapat alokasi untuk biaya pengobatan atau biaya tak terduga terus bagaimana jika terjadi apa-apa dengan peternakan tersebut apakah musti diambilkan dari alokasi keuntungan ???

    BalasHapus
  29. Dear All;

    thanks for all buat informasinya
    saya akan mencoba untuk ternak ayam kampung. semoga berhasil begitu juga dengan teman-teman se-Profesi.

    Good Luck For Us

    BalasHapus
  30. DH:

    Salam kenal.....mohon maaf ijinkan kami menawarkan pakan untuk ayam kampung dengan formula sesuai permintaan pelanggan dengan harga kompetitif,pakan kami dalam bentuk pelet (di sesuaikan dgn umur ayam ).

    Kami juga menyediakan vitamin premix untuk ayam kampung maupun ayam petelur ras untuk dicampur dalam pakan

    Untuk informasi dapat hub kami di : djajanto@gmail.com


    Sekali lagi mohon maaf bila penawaran kami tidak berkenan

    Salam

    JD Djajanto

    BalasHapus
  31. selamat siang pak ini andripul tadi dari riau ingin tahu ttg beternak ayam kampung mohon dikirim ke gmail saya pak yakni:
    andripul2010@gmail.com
    telp : 08197633813 atau 081378638300
    terima kasih

    BalasHapus
  32. ohya.. pak dan lagi tolong di sebutkan jenis jenis pakan untuk ayam tersebut pak makasi ... kalo ga keberatan tlg jawaban d kirim ke imael saya ini.// rischaaulia@ymail.com

    BalasHapus
  33. terima kasih tipnya saya mau coba, sukses terus

    BalasHapus
  34. makasih banget ya atas infonya, insya Alloh saya mau mencoba. GOOD LUCK!

    BalasHapus
  35. harga pakan Rp. 120/kg dapat dari mana? Ini data tahun penjajahan belanda barangkali ya .... cacad

    BalasHapus
  36. saya jg sdg mencoba budidaya ayam kampung.mulai januari lalu.50 ekor.alhamdulillah blm berhasil 100 persen.hek3.setiap gk pny sayur eee...pisau melayang ke leher si ayam.skrg aku beralih ke ayam betina.6 ekor sdg bertelur semua.eee...ganti dach...setiap gk pny lauk,telurnya menggelinding ke wajan.alias digorenggg.pasrah dach...

    BalasHapus
  37. wow komplit, thanks gan, jadi tambah semangat n mempermudah perhitungan saya

    BalasHapus
  38. Mantepp banget infonya......
    memang benar di banding ternak yam broiler,ternak ayam kampung lbh menjanjikann, kenapa ? karena daya tahan ayam kampung lbh kuat drpda ayam broiler,, dan harganyapun stabill..(masih bnyk klbihan lainya)
    saya sendiri sudah menjalani usaha ternak ayam kampung kurang lebih selama 3 tahunn. jatuh bangun menjalani usaha ini sering saya jumpai..dan alhmdullilah,berkat kegigihan dan pantang putus asa serta belajar dari pengalaman,, sekarang usaha saya menanjak dan terus menanjakk.. sekarang poplasi ayam dewasa mencapai 1200 ekorr.. doc mncapai 500..

    mantep tohh ?
    barangkali mau krja sama, saya siapp..
    email saya bossayam@yahoo.co.id

    BalasHapus
  39. ternak ayam dan ternak kambing boleh juga

    BalasHapus
  40. terimakasih untuk informasi yang menarik :)

    BalasHapus
  41. terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

    BalasHapus
  42. artikel yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  43. situsnya keren nih, banyak info menarik

    BalasHapus
  44. kunjungi web kami untuk info obat tradisional terupdate... thanks

    BalasHapus
  45. Mungkin ini bisa jadi berita yang mengispirasi.

    BalasHapus
  46. Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

    BalasHapus
  47. Terimakasih ya atas informasi yang sangat bermanfaatnya ini.

    BalasHapus
  48. artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih telah berbagi.

    BalasHapus
  49. Pembahasan yang sangat menarik untuk disimak

    BalasHapus
  50. artikel yang anda sajikan di blog ini sangat menarik. Ditunggu artikel selanjutnya.

    BalasHapus